Bersama Perpustakaan-RI, Pemkab Tulang Bawang Giatkan Budaya Gemar Membaca

Tulangbawang902 views
Pemkab Tulang Bawang Galakan Program Gemar Membaca

Tulang Bawang : Bersama Pemerintah Kabupaten Tulangbawang, Perpustakaan Republik Indonesia (RI), menggelar sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca, yang dilaksanakan di Rupatama Kantor Bupati Tulangbawang.

Dalam kesempatan ini hadir langsung Kepala Perpustakaan RI Drs. Supriyanto MSi bersama Partisi Bidang Perpustakaan. Hadir pula Bupati Tulangbawang Hj. Winarti SE MH yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. Anthoni MM bersama Asisten I Dr. Akhmad Suharyo MSi dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Syarif Ali SH serta para pelajar dan para guru dari tingkat SD, SMP, SMA se-Tulangbawang.

Kegiatan tersebut mengusung tema ‘Implementasi Program Revolusi Mental Menuju Indonesia Cerdas Tahun 2024’, yang mana bertujuan untuk menjadikan perpustakaan yang berbasis inklusif sosial.

Adapun kegiatan ini juga diisi dengan pemberian berbagai teori dalam membudayakan gemar membacara yang dilakukan oleh Partisi Bidang Perpustakaan Nasional RI, lalu diadakan sesi tanya jawab dari para peserta didik dan para guru yang hadir.

Bupati Tulangbawang Hj. Winarti SE MH, diwakili Sekda Ir. Anthoni MM menyampaikan bahwa kegiatan yang diprakarsai Perpustakaan RI bersama Pemerintah Kabupaten Tulangbawang dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, bertujuan meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa dengan membudayakan gemar membaca.

“Maka dari itu, untuk meningkatkan kecerdasan anak-anak pelajar dan masyarakat, dengan pelaksanaan sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca, diharapkan mampu mendorong tumbuhnya budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayahgunaan perpustakaan,” pesan Bupati Winarti melalui Sekda.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini pula dilakukan untuk memberikan masukan-masukan penting agar siswa-siswi maupun para guru di Kabupaten Tulangbawang semakin cerdas dengan adanya ide-ide yang dipaparkan oleh perpustakaan RI.

“Sebab peran perpustakaan sangat penting sebagai pilar dalam mencerdaskan bangsa, sehingga terwujudnya masyarakat yang cerdas, karena perpustakaan adalah tempat sarana belajar, menyediakan layanan perpustakaan bagi masyarakat seluruh Indonesia,” tandas Ir. Anthoni MM mewakii Bupati Hj. Winarti SE MH.

Sementara dalam sambutannya, Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Supriyanto MSi mengajak para siswa dan guru untuk memanfaatkan kerjasama yang telah dijalin oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang.

“Kerjasama ini adalah bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Tulangbawang terhadap masyarakat, dalam meningkatkan kecerdasan dan ilmu Pendidikan di Kabupaten Tulangbawang, dan pula, tujuan pelaksanaan sosialisasi ini, guna memberikan pencerahan budaya gemar membaca, agar dapat terwujud, sehingga bisa bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan,” sebut Kepala Perpustakaan Nasional Drs. Supriyanto MSi.

Sedangkan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Syarif Ali SH, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Perpustakaan Pusat bersama Partisi Bidang Perpustakaan RI, karena telah hadir di Kabupaten Tulangbawang dalam rangka memberikan sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca bagi masyarakat Tulangbawang.

“Semoga melalui sosialisasi ini dapat menumbuhkan minat dan kegemaran membaca, sehingga membaca menjadi tradisi, budaya dan kebutuhan masyarakat, karena pada dasarnya kegiatan ini bertujuan, memberikan informasi pengetahuan kepada masyarakat bahwa buku dan membaca adalah salah satu kunci penting kemajuan bangsa Indonesia khususnya di Kabupaten Tulangbawang,” tutur Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tulangbawang Syarif Ali SH.

Putra/Rzm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *