Tim Sergap Mabesad Bersama Dandim 0429 Lamtim Tinjau Lokasi Panen Padi

Dandim 0429/LT Letkol Inf Ch Prabowo Bersama Tim Sergap Mabesad Tinjau Lokasi Panen Padi

Lampung Timur : Komandan Distrik Militer (Dandim) 0429/Lampung Timur Letkol Inf Ch Prabowo mendampingi tim sergap Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) dalam meninjau lokasi panen padi persawahan Desa Purwosari Kecamatan Batang Hari Nuban Kabupaten Lampung Timur, Selasa( 12/2).

Diketahui, Desa Purwosari Kecamatan Batang Hari Nuban Kabupaten Lampung Timur merupakan sasaran peninjauan tim Sergab Mabes TNI-AD yang dipimpin Kolonel Inf Imam Sampurno,Kolonel Kav.Setiawan,Kolonel Inf Nasution, Letkol Inf Sahnun (Kasiter Korem 043/Gatam),Dandim 0429/Lamtim Letkol Inf Ch.Prabowo,Kasdim 0429/Lamtim Mayor Kav Joko Subroto,Pasiter Kodim 0429/Lamtim Kapten Inf Yoga serta IIr. H.M.Yusuf selaku Kepala Dinas Pertanian Pemerihtah Kabupaten Lampung Timur

Saat di lokasi Kepala tim (Katim) Sergap Kolonel Inf Imam Sampurno langsung melakukan pengecekan lahan sawah yang siap panen beserta rombongan tim Sergab dari Mabesad TNI AD guna memantau langsung dengan menaiki mesin pemanen padi pesawahan dilokasi.

Katim Sergap kolonel Inf Imam Sampurno selain meninjau areal sawah panen padi, juga menanyakan terkait hasil panen masyarakat yang menanam padi ,menampung aspirasi keluhan dan kendala di lapangan serta mendengarkan langsung nilai harga jual gabah hasil panen agar di jual ke Bulog.

Menurutnya, tujuannya tentu untuk lumbung Logistik di wilayah Kabupaten Lampung Timur.

Selain itu, Ketua tim sergab juga mendengarkan aspirasi dari Gapoktan yang di wakili Suroto salah satu petani dengan menyampaikan bahwa tahun ini untuk hasil panenya lumayan bagus namun belum maksimal karena masih ada hambatan di lapangan, namun kata Suroto, masih bisa di atasi,selain Suroto juga menyampaikan kepada tim Sergab Mabesad adanya harapan bantuan berupa alat-alat perlengkapan untuk memanen padi yang kondisinya saat ini kurang maksimal dan perlunya Irigasi karena selama ini sering terlambat aliran air untuk mengairi ke sawah.

Turut dalam penyambutan kedatangan rombongan tim sergab dari Mabesad, Danramil Sukadana Kapten Inf Jumingan beserta anggota ,Kades Porwosari Suwarto dan masyarakat petani setempat.

Usai meninjau hasil panen padi di Kecamatan Batanghari Nuban, tim sergab melanjutkan peninjauan panen padi di Desa Rantau Fajar Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur.

Adapun rangkaian kegiatan kunjungan tim Sergab Mabesad

pada Pukul 12.00 Wib Tim Sergab Mabes AD melaksanakan peninjauan kegiatan panen di areal persawahan di Dusun 3 Dusun Rantau Fajar Kabupaten Lamtim dan pukul 12.30 Wib, tim Sergap Mabes AD melaksanakan peninjauan ke lokasi embung desa di Dusun 2 Dusun Rantau Fajar Kabupaten Lamtim.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan Gapoktan Susilo menyampaikan Keluhan para petani yang selama ini menjadi kendala para Gapoktan adalah susahnya para petani untuk mendapatkan/mencari pupuk, khususnya pupuk petrokimia, saat tanaman padi, karena waktunya harus di pupuk, hal inilah yang menjadi kendala para petani ,karena padi bila tidak di pupuk maka hasilnya kurang maksimal dan petani sering rugi, ujar Gapoktan Susilo.

Ketua tim Sergap Mabes AD menanggapi keluhan petani terkait sulitnya mendapatkan pupuk, kami akan berkoordinasi dengan dinas pertanian agar di upayakan beberapa masalah yang di hadapi para Gapoktan.

Hal ini menjadi catatan tim kami dan kami sangat berterima kasih atas masukan dari para Gapoktan di daerah ini dengan harapan di lain waktu permasalahan pupuk dan air irigasi bisa di atasi bersama dengan Kadistan Pemkab Lamtim serta stakeholder terkait,ujar Ketua tim Sergap Mabesad.

Rombongan tim Sergab Mabesad di peninjauan ketiga, pukul 17.00 Wib tiba di lokasi kilang padi di Desa Sumber Gede Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur.

Hadir dalam rombongan tim Sergab Mabes AD yakni Ketua tim Kolonel Inf Imam Sampurno, Kolonel Kav.Setiawan, Kolonel Inf Nasution.Letkol Inf.Sahnun (Kasiter korem 043/GTM),Dandim 0429/Lamtim Letkol Inf Ch.Prabowo,Kasdim 0429/Lamtim Mayor Kav Joko Subroto, Pasiter kodim 0429/Lamtim,Ir. M Yusuf selaku Kadistan Lamtim yang disambut Camat Sekampung Suparman dan BaTuud Koramil Sekampung Peltu Tarsino.

Kegiatan yang dilakukan dengan meninjau pabrik kilang padi di Desa Sumber Gede Kecamatan Sekampung Kabupaten Lamtim milik Anpi warga setempat.

Rls/43-Gatam/KodimĀ 0429

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *