Ini Pesan Gubernur Arinal di HUT Bhayangkara ke-73

Pusiban602 views
Arinal : Polri Jangan Berpuas Diri, Terus Tingkatkan Pelayanan

Bandar Lampung  : Bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam memperingati Hari Bhayangkara ke-73, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi apresiasi seluruh personel Polri atas kerja kerasnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Saya ucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah, yang ditunjukkan personel Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Gubernur Arinal membacakan Amanat Presiden Republik Indonesia pada Upacara Peringatan Ke-73 Hari Bhayangkara Tahun 2019 yang diselenggarakan di Lapangan Saburai Korem 043 Gatam, Enggal Bandarlampung, Rabu (10/7/19).

Menurut Arinal, Polri dengan berkolaborasi bersama TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan Pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.

“Polri juga telah mengungkap berbagai kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, kemudian kejahatan lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang, dan kejahatan siber, lalu kejahatan berimplikasi kontinjensi seperti konflik sosial, kerusuhan massa, dan unjuk rasa anarkis, sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara seperti illegal logging, illegal fishing, serta tindak pidana korupsi, dan telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp 2,9 triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 2,3 triliun,” ujar Arinal.

Lebih lanjut, Arinal berharap dengan adanya berbagai capaian tersebut tidak membuat institusi Polri cepat berpuas diri. Namun sebaliknya, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Apalagi ke depan, tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks, seperti halnya Terorisme, radikalisme, penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian, kejahatan lintas negara, peredaran narkotika dan human trafficking dan sebagainya,” tutur Arinal.

Pada akhir sambutannya, Arinal turut menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas. “Yakni yang pertama Terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045. Kemudian yang kedua yakni kedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Arinal, yang ketiga yakni terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan. “Keempat Tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan. Kelima Perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri,” pungkasnya.

Upacara tersebut berlangsung dengan khidmat dan dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan Forkopimda Provinsi Lampung serta ribuan personel Polri dan TNI di lingkungan Provinsi Lampung.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan atraksi barongsai dari Suaka Insan Mandiri dan berlanjut dengan acara syukuran.

Humas Pemprov

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *