Arinal Pimpin Rapat Persiapan Kunjungan Presiden RI ke Lampung

Pusiban317 views
Arinal Pimpin Rapat Persiapan Kunjungan Presiden RI ke Lampung

Bandar Lampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memimpin Rapat Persiapan Kunjungan Presiden RI ke Provinsi Lampung, bersama Forkopimda Provinsi Lampung, bertempat di Mahan Agung, Jumat (27/8).

Menurut rencana, Presiden Joko Wisodo akan meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi para pekerja dan pelajar, kemudian dilanjutkan dengan melakukan Peresmian Bendungan Way Sekampung yang terletak di Kabupaten Pringsewu pada tanggal 2 September 2021.

Pembangunan Bendungan Way Sekampung ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana disebutkan dalam Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.

Bendungan Way Sekampung memiliki kapasitas tampung 68 juta m³ yang akan dimanfaatkan untuk penyediaan air irigasi seluas 72.707 hektare di Daerah Irigasi (DI) Sekampung seluas 55.373 hektare dan menambah areal irigasi Di Rumbia Extension seluas 17.334 hektare.

Selain mendukung kebutuhan air irigasi di Provinsi Lampung, Bendungan Way Sekampung yang didesain memiliki luas genangan sebesar 800 hektare ini juga dapat dimanfaatkan sebagai infrastruktur pengendalian banjir di Provinsi Lampung sebesar 185 m³/detik karena terintegrasi dengan Bendungan Batutegi dan Bendungan Margatiga.

Bendungan multifungsi ini juga berpotensi sebagai penyedia air baku untuk Kota Bandarlampung, Kota Metro dan Kabupaten Lampung Selatan sebesar 2.482 liter/detik, tenaga listrik sebesar 5,4 MW serta menjadi destinasi wisata di Kabupaten Pringsewu.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *