Agus Istiqlal Dilantik Jadi Wasekjend Aspekindo

Pesisir Barat229 views

Jakarta, (Beritajempol.co.id) – Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal resmi diLantik sebagai Pengurus Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) Periode 2022 – 2025 di Hotel Discovery Ancol, jumat (25/02/2022).

Adapun tema dari pelantikan Apseksindo itu yakni “Kolaborasi Memajukan Indonesia dari Pinggiran”.

Dalam posisinya, Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal kini menempati posisi penting yakni selaku Wakil Sekretaris Jendral ASPEKSINDO.

Bupati Pesisir Barat berharap atensi pemerintah pusat untuk memberi kewenangan secara proposional kepada pemerintah daerah yang berbasis kepuluan dan pesisir dalam mengelola wilayah laut yang selama ini diserahkan kepada pemerintah provinsi.

Bupati Pesisir Barat menilai hilangnya kewenangan kabupaten/kota dalam mengelola sektor kelautan sangat menghambat sistem pengelolaan sumber daya laut di daerah, dimana birokrasi perizinan usaha disektor kelautan yang begitu panjang yang sangat tidak efektif dan efisien.

“Secara georafis jarak antara masyarakat kepulauan dan pesisir yang akan melakukan usaha sektor kelautan sangat jauh dari ibu kota provinsi. Ini tentu sangat jauh dari nafas reformasi birokrasi,” ujarnya.

Kemudian itu, Aspeksindo yang beranggotakan pemerintah daerah berbasis kepulauan dan pesisir menjadi pilar dan motor penggerak pemerintah pusat untuk mewujudkan indonesia sebagai poros maritim dunia.

Bupati Pesisir Barat juga menegaskan pentingnya memberikan kewenangan yang seluas-luasnya kepada pemerintah daerah untuk mengelola sumber daya laut untuk kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *