HUT IBI di Lamsel Dimeriahkan Dengan Seminar Sehari

Lampung Selatan, (Beritajempol.co.id) – Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakya (Kesra) Eka Riantinawati menghadiri Seminar Sehari sekaligus Pengukuhan Bidan Delima sebagai rangkaian HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-71 Tahun 2022, di Aula Rajabasa, Kantor Bupati Lampung Selatan (19/08/2022).

Dengan mengangkat tema “Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju”, acara HUT IBI ini turut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto yang juga sebagai narasumber dari Seminar Sehari tersebut.

Acara yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang IBI Kabupaten Lampung Selatan tersebut diawali dengan parade fandel oleh 28 ketua ranting pengurus cabang IBI se-Kabupaten Lampung Selatan.

Ketua IBI Lampung Selatan Dwi Supraptiningsih melaporkan, anggota IBI Lampung Selatan saat ini berjumlah 1.283 bidan, dan yang hari ini hadir kurang lebih 400 bidan dari 28 ranting se-Kabupaten Lampung Selatan.

“Kami terus berupaya menyiapkan para anggota, teman-teman bidan terutama untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak, sebagai tenaga kesehatan kami berharap masyarakat dapat mendapatkan pelayanan yang baik dan berkualitas,” ucapnya.

Dirinya menerangkan, saat ini 80% persalinan ditolong oleh bidan. Sehingga, para bidan diharapkan untuk terus berusaha memberikan yang terbaik sebagai tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan.

Lebih lanjut, Ketua IBI melaporkan bahwa pada kesempatan tersebut, sebanyak 23 bidan akan dikukuhkan menjadi bidan delima. Bidan Delima adalah sistem standarisasi kualitas pelayanan bidan praktek swasta, dengan penekanan pada kegiatan monitoring & evaluasi serta kegiatan pembinaan & pelatihan yang rutin dan berkesinambungan.

Hadir mewakili Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Eka Riantinawati dalam sambutannya mengatakan, Bidan Delima merupakan program unggulan pemerintah sejak Tahun 2003, dengan kinerja yang mengedepankan sistem standarisasi kualitas pelayanan bidan praktek swasta, dengan penekanan pada kegiatan monitoring dan evaluasi serta kegiatan pembinaan dan pelatihan yang rutin serta berkesinambungan.

“Oleh karena itu, saya berharap kepada saudara semua untuk memberikan pelayanan yang prima, dan berkualitas sesuai dengan etika profesi, khususnya dalam layanan kesehatan reproduksi dan keluarga berencana,” ucapnya.

Ia juga menuturkan,keberadaan para bidan sangatlah penting, mengingat keberhasilan program penurunan stunting di Kabupaten Lampung Selatan tidak terlepas dari peran aktif bidan dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat luas, tentang pentingnya asupan gizi bagi ibu hamil, ibu menyusui dan bagi anak balita.

“Dengan mengikuti Seminar sehari ini, diharapkan saudara semua dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuannya. Saya percaya seminar ini akan memberikan pemahaman kepada saudara, terutama terkait kompleksitas kinerja para bidan dalam melayani pasiennya, yang notabene adalah ibu dan anak,” harapnya.

Diakhir sambutannya, Asisten Kesra Eka Riantinawati yang juga diketahui berprofesi sebagai Bidan mengucapkan selamat HUT Ke-71 kepada Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Semoga kiprah dan eksistensi IBI sebagai organisasi profesi para bidan semakin meningkat, profesional dalam melayani masyarakat, khususnya memberikan layanan kesehatan bagi ibu dan anak.

“saya juga mengucapkan selamat kepada seluruh Bidan Delima yang baru saja dikukuhkan. Semoga dengan dikukuhkannya saudara semua pada hari ini, akan lebih menguatkan keberadaan saudara di tengah masyarakat. Berikan pelayanan yang terbaik sebagai cermin kualitas seorang bidan yang handal, terampil, cekatan dan mahir,” pungkasnya

Diskominfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *