Gotong Royong Jaga Kebersihan Way Handak Expo

Lampung Selatan, (Beritajempol.co.id) – Setelah rutin melaksanakan gotong royong selama hampir satu bulan penuh, kawasan Way Handak Expo yang terletak di Kelurahan Wai Lubuk, Kecamatan Kalianda, kini semakin terlihat bersih, rapi dan asri.

Lahan yang awalnya masih terdapat banyak sampah yang berserakan, pepohonan yang terlalu rimbun serta rumput liar yang menjulang tinggi, kini telah berubah menjadi lokasi yang sedap dipandang mata dan nampak indah dengan adanya bunga.

Aksi membersihkan lingkungan ini dilakukan oleh seluruh jajaran dari perangkat daerah Lampung Selatan yang tergabung dalam tim Gebrak Gotong Royong Menuju Wisata Berkelanjutan (Gerot Wisata), yang terdiri dari seluruh elemen perangkat daerah di lingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Seperti hari ini, Sabtu (20/8/2022), seluruh jajaran pemerintah daerah terlihat kompak membersihkan sampah, rumput, merapikan pepohonan, menanam bunga serta membakar dan mengangkut tumpukan sampah tersebut ke truk sampah yang telah disediakan.

Sesekali, tampak para jajaran perangkat daerah saling melemparkan candaan kepada satu dan lainnya, sambil melaksanakan kegiatan gotong royong. Hal tersebut, sontak mengundang tawa dan membuat gotong royong tidak terasa begitu lelah.

Turut serta dalam aksi gotong royong tersebut, Dinas Pariwisata, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Sosial, Bappeda, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kominfo, Badan Kesbangpol, Dinas Lingkungan Hidup Daerah dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Plt. Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Muhadi mengatakan, selain mempersiapkan lokasi untuk pelaksanaan Lampung Selatan Expo 2022 yang akan digelar pada bulan November mendatang, kegiatan gotong royong ini juga dapat memupuk kebersamaan dan keakraban antar seluruh elemen perangkat daerah.

“Gotong royong ini dilaksanakan setiap ada kegiatan, maupun tidak ada kegiatan. Ini namanya pasukan Gerot Wisata yang dibentuk oleh bapak Bupati Lampung Selatan,” kata Muhadi.

Lebih lanjut, Muhadi menjelaskan, aksi gotong royong ini juga merupakan langkah dari komitmen pemerintah kabupaten, dalam menggali potensi Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah. Sekaligus, menggugah masyarakat untuk kembali menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Apapun bentuknya selalu dengan sistem gotong royong. Ini untuk memajukan Kabupaten Lampung Selatan, ini yang ditekankan, apabila Lampung Selatan maju, PAD Lampung Selatan juga akan meningkat,” ungkapnya.

Diskominfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *