Lampung Selatan – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Tanjung Bintang yang berlangsung di Lapangan Desa Sindang Sari, pada Kamis (09/02/2023).

Kegiatan rutin tahunan untuk membahas dan menyepakati usulan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Thamrin beserta para pejabat utama di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Dalam sambutannya, Nanang menyampaikan mengenai keterpurukan kondisi perekonomian dunia yang semakin parah dengan terjadinya inflasi di beberapa negara. Setelah sebelumnya, juga sempat merosot akibat pandemi Covid-19.

Sebab itu, Nanang meminta kepada camat dan kepala desa agar lebih aktif dan inovatif membangun desa. Terutama, dalam menggali potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) guna mendorong pertumbuhan perekonomian daerah.

“Tingkatkan PBB nya. Karena PBB ini berpengaruh juga terhadap pembangunan di desa. Maka saat ini marilah bagaimana kita menggali potensi-potensi yang ada di sekitar kita. Kolaborasikan dengan kecamatan dengan pemerintah daerah,” kata Nanang.

Nanang mengatakan, untuk membuat inovasi pengembangan potensi desa di sektor pariwisata tidak harus memiliki pantai dan gunung. Menurutnya, yang terpenting adalah bagaimana lokasi itu memilki daya tarik besar guna menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

“Kita tidak harus punya laut, pemandangan gunung atau harus punya air terjun. Kita tidak perlu punya ada air panas, tetapi kita bisa mendesain untuk menghasilkan tempat destinasi wisata. Bagaimana agar orang hadir di desa, ini yang harus kita ciptakan,” imbuhnya.

Sementara, Camat Tanjung Bintang Hendry Hatta, S. Ag, dalam paparannya menyampaikan berbagai program usulan KecamatanTanjung Bintang untuk RKPD Tahun 2024.

Beberapa diantaranya, yaitu rekonstruksi jalan Desa Jati Baru, Desa Suka Negara serta Desa Budi Lestari. Kemudian, jalan Desa Sindang Sari yang merupakan jalan penghubung bagi masyarakat untuk menuju Pasar Tanjung Bintang.

Hendry Hatta menjelaskan, apabila jalan tersebut dapat segera diperbaiki, akan berdampak terhadap peningkatan perputaran uang ditengah masyarakat. Mengingat, pentingnya fungsi pasar sebagai sarana distribusi penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen.

“Sektor pajak bumi dan bangunan Kecamatan Tanjung Bintang per tanggal 31 Desember 2022 dengan persentase 81,60 persen. Untuk usulan tahun 2024 pembangunan jalan Desa Sindang Sari ini jalannya juga sudah lama juga dari zaman dulu. Jalan untuk sampai ke pasar, harapan kami kepada Bupati kalau bisa tahun ini dibangun,” ujar Hendry.

Diskominfo Lamsel

Shares
/" data-count="true" title="Tweet on Twitter">Tweet on twitter
Nanang : Kepala Desa Harus Aktif Dan Inovatif" data-media="https://beritajempol.co.id/wp-content/uploads/2023/03/WhatsApp-Image-2023-02-09-at-11.01.51-1024x576-1.jpeg" data-count="true" title="Pin On Pinterest">Nanang : Kepala Desa Harus Aktif Dan Inovatif&body=https://beritajempol.co.id/2023/02/09/nanang-kepala-desa-harus-aktif-dan-inovatif/" class="ktzsoc-button ktzsoc-envelope-o" title="Send email this article">

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *