Standar Pelayanan OPD Lamtim Dapat Raport Merah dari Ombudsman

Lampung Timur687 views

Lampung Timur : Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur mendapat ‘zona merah’ terhadap penerapan standar pelayanan disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Alhasil, Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung menyambangi Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur dalam rangka memberikan hasil penilaian kepatuhan terhadap komponen standar pelayanan kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Timur. Acara di ruang Aula Wakil Bupati Lampung Timur, Selasa (09/01/2018).

Hadirnya Ombudsman di kabupaten berjuluk Bumei Tuah Bepadan ini lantaran Pemerintah Kabupaten Lampung timur absen atau tidak hadir dalam penyerahan penilaian kepatuhan terhadap komponen  pelayanan publik di Jakarta pada Desember 2017 silam.

Dalam acara itu, Kepala Ombudsman R.I Perwakilan Provinsi Lampung Nur Rakhman Yusuf mengatakan, Adapun Hasil penilaian dari Ombudsman, Kabupaten Lampung Timur mendapat nilai rata-rata 41,63 terhadap penerapan standar pelayanan disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memberikan pelayanan publik dibidang administratif. Nilai tersebut masuk dalam kategori rendah atau “Zona Merah”.

Hasil penilaian tersebut langsung diberikan oleh Kepala Ombudsman R.I Perwakilan Provinsi Lampung Nur Rakhman Yusuf kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera yang juga dihadiri Asisten dan Kepala Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur.

Kepala Ombudsman R.I Perwakilan Provinsi Lampung Nur Rakhman yusuf menjelaskan, penilaian tersebut dilakukan berdasarkan beberapa indikator yang termuat dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

” Ada 9 OPD di Lingkungan Pemkab Lampung Timur yang dinilai terkait komponen standar pelayanan. Penilaian tersebut dilakukan pada pertengahan 2017,”Kata Nur Rakhman.

Menurut Nur Rakhman penilaian tersebut diharapkan dijadikan bahan evaluasi dan motivasi bagi pemerintah kabupaten Lampung Timur untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas.

“Karena ini pertama kalinya dinilai oleh Ombudsman, kami masih memaklumi. Namun demikian kami harap ada komitmen dari kepala daerah untuk melakukan perbaikan kedepannya” ujarnya.

Lebih lanjut Nur Rakhman menjelaskan, penilaian tersebut akan tetap dilakukan ditahun mendatang sampai terwujudnya penyelenggaraan pelayanan publik yang sesuai dengan standar/ketentuan.

“Kita akan terus mendorong pemerintah daerah untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik. Kita juga terbuka apabila pemerintah daerah meminta masukan terkait pemenuhan standar pelayanan publik yang baik itu seperti apa” pungkasnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera mengatakan, pemerintah Lampung Timur kedepan akan lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Kami berkomitmen segera melakukan evaluasi dan optimis di tahun 2018, Kabupaten Lampung Timur bisa mendapatkan zona hijau.” kata dia.

Pada sesi akhir dilakukan penyerahan hasil penilaian kepatuhan komponen pelayanan publik dari Kepala Ombudsman R.I Perwakilan Provinsi Lampung kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *