Balada Si Anak Cengkeh Mengais Rejeki di Area Gunung Rajabasa

Lampung Selatan : Kebahagian yang terlihat jelas di raut wajah anak-anak di Desa Jondong, Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan.(11/07/2018).

Mengisi waktu libur panjang berbeda dengan anak umum lainnya seperti jalan-jalan, mereka lebih baik mengisi waktu libur dengan membantu sekaligus mencari penghasilan untuk diri sendiri.

Lahir dari kelurga yang sederhana, mereka sudah pandai mencari untuk meringankan beban orang tua seperti untuk membeli peralatan sekolah baik buku, tas dan sepatu dengan membantu memungut buah cengkeh milik orang lain dikebun.

Kebetulan tahun ini, musim cengkeh sudah banyak khususnya di sekitar gunung Rajabasa yakni Kecamatan Kalianda, Rajabasa, Bakauheni dan Kecamatan Penengahan.

Dari hasil memungut cengkeh tiap hari mereka menyisihkan uang hasilnya untuk membeli peralatan sekolah tersebut. Inilah yang dilakukan oleh Agung (12), Indra (13), Rizki (8) dan Widia (13) setiap harinya.

Menurut salah seorang anak yakni Indra, dirinya bersama rekan-rekan seumurannya mengisi waktu libur pasca lebaran dan tiap hari kekebun untuk memungut cengkeh, membantu masyarakat pemilik kebun cengkeh.

“Iya bang setiap hari pada hari libur sekolah sering membantu, memungut buah cengkeh yang masyrakat dan uang nya saya sisikan untuk membeli buku dan Tas sekolah,” aku Indra diamini tiga rekannya saat ditemui sedang memungut cengkeh dikebun di Desa Jondong Kecamatan Kalianda.

Indra menambahkan, memungut cengkeh bukan pekerjaan mudah, namun dari pada waktu dilibur dibuang sia-sia mendingan mencari uang jajan sendiri.

“Kami memungut cengkeh ini tidak dipaksa orang tua melainkan kemauan sendiri, dari pada main yang tidak ada mendapatkan manfaatnya,” pungkasnya.

Reporter : Dendi Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *