Mahasiswa STAI Yasba KKN di Desa Pulau Jaya Palas

Lampung Selatan1,607 views

Lampung Selatan : Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yayasan Pembangunan (Yasba), Kalianda, Lampung Selatan (Lamsel) yang tergabung dalam tim 7, melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pulau Jaya, Kecamatan Palas, Lamsel.

Dalam praktek KKNnya, Tim 7 STAI Yasba, menemukan banyaknya pasangan nikah yang belum memiliki buku nikah yang sah.

“Banyak sekali kita temukan warga yang menikah, namun belum memiliki buku nikah. ternyata usut demi usut terdahulunya sudah membayar ke pembantu PPN dan ternyata sampai saat ini belum dikeluarkan bahkan smpai penghulunya meninggal” ungkap Ketua KKN Tim 7, Herita Nurjanah.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya dibantu warga sekitar mencari dana dan mengumpulkan berkas, pihaknya melakukan sidang Isbat dengan 25 pasangan suami istri yang di gelar di Kantor Pengadilan Agama Kalianda.

“Alhamdulillah program yg kami jalani didukung dari semua pihak karena nikah isbat baru pertama kali diadakan di Kabupaten Lamsel secara masal” ungkap Herita Nurjanah, Kamis, (20/09/18).

Pihaknya juga berharap ada kepedulian dan partisipasi dari pemerintah untuk memfasilitasi kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa KKN tersebut.

“kita berharap pemerintah kabupaten Lamsel bisa memfasilitasi kegiatan kita, jangan dipersulit lah, dalam urusan pemberkasan, kita bersama-sama dengan pemerintah bantu masyarakat miskin, sehingga mereka bisa tertib dokumen administratif” ungkapnya.

“Karena hal seperti ini masih banyak oknum yang terlalu memanfaatkan kesempatan tersebut, yang mana ujung ujungnya duit” tutupnya.

Reporter : Dendi Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *