Diskominfo Lampung Selatan Sosialisasikan & Gelar Bimtek Lapor !

Lampung Selatan2,413 views
Diskominfo Lampung Selatan Sosialisasikan & Gelar Bimtek LAPOR !

Lampung Selatan: Guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lampung Selatan melakukan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Laporan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), Rabu (19/12/2018).

Kegiatan yang dilaksanakanĀ berdasarkan Undang-Undang RI No. 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman, UU RI No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik serta Perpres RI No. 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik digelar di Aula Bhakti Husada Dinas Kesehatan selama 2 (dua) hari.

Acara yang dibuka oleh Asisten Bidang Admistrasi Umum Anas Ansori, turut hadir pula pada kesempatan itu Kepala Badan PMPTSP Martoni Sani, Camat Rajabasa Sabtudin & Camat Kalianda Erdiansyah tersebut mengambil Tema “Dengan Aplikasi LAPOR !, Kita Wujudkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Aspirasi Masyarakat”.

Plt. Kadis Kominfo M. Sefri Masdian, S.Sos dalam laporannya mengatakan, LAPOR! merupakan sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu dan tuntas, “dengan LAPOR! masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduannya melalui SitusĀ www.lapor.go.id, SMS ke 1708 dengan tarif normal, Twitter @LAPOR1708 dengan menyertakan tagar #lapor”, ujarnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari yang kita bagi menjadi 2 termin. Termin pertama dari seluruh Badan/Dinas/Instasi/Kantor dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dan termin kedua (besok) akan dilakukan pelatihan kepada calon Admin LAPOR! untuk Kecamatan dan Sekertaris Desa (sekdes)”, sambungnya.

“Kita melakukan kegiatan ini bertujuan untuk mengikutsertakan peran serta masyarakat dalam mengawasi Kinerja Pemerintah dan Proses Pembangunan”, imbuh Sefri.

Asisten Bidang Admistrasi Umum Anas Ansori yang membacakan sambutan Plt. Bupati Lampung Selatan mengatakan para admin LAPOR adalah gerbangnya Dinas/Instansi dalam menerima Pengaduan atau Aspirasi masyarakat, hendaknya para Admin dapat dengan benar-benar melaksanakan tugas tersebut.

“LAPOR! Adalah salah satu sarana menampung Pengaduan, Aspirasi, Saran dan Masukan dari masyarakat”, kata Anas.

“Indonesia adalah pengakses Facebook terbesar di dunia, tentunya fenomena ini memiliki dampak yang baik apabila penggunaannya tepat sasaran, tapi kemajuan teknologi dapat pula berdampak buruk apabila digunakan untuk hal-hal yang menyimpang”, ujar mantan Kadis Pendidikan tersebut.

“Melihat keadaan ini tentunya diperlukan kesiapan dari seluruh pihak terkait, itulah pentingnya dilaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis LAPOR! ini”, cetus Anas

Adapun Narasumber Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) selain dari Diskominfo Lampung Selatan sendiri, mereka juga membawa Narasumber dari Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Republik Indonesia.

Reporter : Syahroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *