oleh

Pemuda Lintas Agama Lampung Gelar Pentas Seni dan Musik

Pemuda Lintas Agama Lampung Gelar Pentas Seni dan Musik

BANDARLAMPUNG — Berlangsung meriah, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka kegiatan Pentas Seni dan Musik Pemuda Lintas Agama yang difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Lampung bekerja sama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Lampung dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2022, di lt.3 Balai Keratun, Jumat (28/10/2022).

Gubernur mengaku bahwa dirinya sangat senang dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Pentas Seni dan Musik Pemuda Lintas Agama yang digelar oleh FKUB Provinsi Lampung.

“Kegiatan ini sangat bagus, sebagai wadah untuk mempererat persatuan dan kerukunan umat beragama di Provinsi Lampung, terutama, ini yang penting, kegiatan ini bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, ini momentum yang saling berkolerasi, harus kita pertahankan, kita kembangkan, kita laksanakan setiap tahun, ini kegiatan yang sangat baik, dan baru pertama di Indonesia, semoga bisa menjadi contoh bagi Provinsi lain,” ucap Gubernur.

Dalam bingkai kebhinekaan, menurut Gubernur sangat penting antar umat beragama untuk tetap selalu rukun, bertoleransi, menghormati, dan saling menghargai.

Oleh karenanya Gubernur meminta agar FKUB Provinsi Lampung bersama-sama dengan forum majelis-majelis keagamaan untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam mensosialisasikan dan menjaga kerukunan antar umat beragama di Provinsi Lampung.

“Kata kuncinya adalah rasa kebersamaan dalam membangun Lampung, Tugas FKUB dan para pemangku agama untuk menjaga kerukunan, tugas saya adalah bagaimana membangun, bagaimana Lampung ekonominya bagus, Alhamdulillah, Ekonomi Lampung saat ini terbaik di Indonesia, diatas rata-rata Nasional,” ucap Gubernur.

Pada kesempatan tersebut Gubernur juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung telah menerima Penghargaan Penanganan Konflik Sosial Tingkat Nasional pada tahun 2019 dan tahun 2020 dari Pemerintah Pusat.

Selain itu, Gubernur juga mengingatkan, bahwa kedepan Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi, untuk itu perlu dilakukan upaya-upaya untuk menghindari konflik sosial dan perpecahan ditengah masyarakat.

Sementara itu, Ketua FKUB Provinsi Lampung Dr. Moh Bahruddin, dalam laporannya menyatakan bahwa kondisi kerukunan umat beragama di Provinsi Lampung pada saat ini dalam kondisi aman, rukun, sentosa dan sejahtera

Hal tersebut terbukti, bahwa semenjak Kepemimpinan Gubernur Arinal Djunaidi, menurut Bahruddin, indeks kerukunan umat beragama Provinsi Lampung berada di atas rata-rata Nasional, yakni di angka 72.44

FKUB juga bersama-sama dengan forum musyawarah dari berbagai majelis-majelis agama yang ada di Provinsi Lampung telah melakukan berbagai kegiatan dan upaya untuk mewujudkan kerukunan umat beragama di Provinsi Lampung

“Kami juga selalu melakukan monitoring dan evaluasi kerukunan antar beragama di berbagai Kabupaten secara periodik,” ucapnya.

Moh Bahruddin juga mengatakan bahwa kegiatan Pentas Seni dan Musik Pemuda Lintas Agama dilaksanakan sesuai dengan tema, yakni dalam rangka penguatan Moderasi Beragama Pemuda Lintas Agama Menuju Rakyat Lampung Berjaya.

Berlangsung meriah, Pentas Seni dan Musik Pemuda Lintas Agama dimeriahkan dengan penampilan Seni Tabuh Baleganjur, Seni Angklung dan hadroh, Medley Indonesia bersatu dari Orang Muda Katolik Lampung, Tim Marawis Polda Lampung, bahkan Gubernur bersama seluruh undangan yang hadir, bersama-sama melakukan gerakan Senam Dunia Satu Keluarga dari The International Nature Loving Association (INLA).

Selain dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni dan musik dari pemuda dari berbagai lintas Agama di Provinsi Lampung, kegiatan juga diisi dengan pembacaan Deklarasi Damai oleh Pemuda Lintas Agama Provinsi Lampung diikuti oleh seluruh hadirin dan dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Damai oleh Pemuda Lintas Agama Provinsi Lampung, Gubernur Lampung, Ketua FKUB Provinsi Lampung serta Danrem Brigjen TNI Ruslan Effendy, Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus dan Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Puji Raharjo

(Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *