oleh

Kalender Festival Krakatau ke-31 Tahun 2022

Bandar Lampung, (*) – Festival Krakatau merupakan wadah apresiasi dan puncak kreatifitas bagi seniman, budayawan dan masyarakat Lampung serta momentum pengingat erupsi Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Sejak pelaksanaannya yang pertama kali pada tahun 1990, Festival Krakatau memiliki 3 rangkaian kegiatan besar, yaitu : Edukasi Sejarah Gunung Krakatau, Penampilan Seni Budaya dan Pawai Budaya.

Tema pelaksanaan Festival Krakatau tahun 2022 adalah Tangguh Berjaya. Makna luas dari tema ini bahwa setelah melalui masa pandemi lebih kurang selama dua tahun masyarakat Lampung telah tangguh dengan berfikir konstruktif menerima pandemi dan tetap melakukan kegiatan yang terukur. Hal ini dibutuhkan kebijaksanaan sikap dan perbuatan untuk tetap bertujuan membangkitkan Kepariwisataan Berjaya.

Pada gelaran yang ke-31 tahun ini, Festival Krakatau masuk dalam 110 kalender kepariwisataan nasional Kharisma Event Nusantara 2022. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif /Badan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno dijadwalkan akan menghadiri langsung acara ini.

Festival Krakatau tahun ini terdiri dari 4 rangkaian besar (diisi dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah maupun komunitas) yaitu:

1. *Road to Festival Krakatau*, dengan rangkaian event : Mabar Offroader se-Nusantara (Pesawaran, 18 -20 Maret 2022), Festival Sarapan Pagi (Taman Gajah, 28 Mei – 5 Juni), Krakatau Beach Fun Run (Pantai Mandiri Krui Pesisir Barat, 4 Juni 2022), Festival Kaya Rasa (Taman Gajah, 23 Juli – 4 Agustus 2022).

2. *Supporting Event*, dengan rangkaian event : Pemilihan Muli Mekhanai Lampung (28 Juli – 4 Agustus 2022)

3. *On Event*, dengan rangkaian event : Festival Kuliner Krakatau (Taman Gajah, 26 Agustus – 4 September 2022) buka setiap hari mulai jam 15.00 – 22.00 WIB yang diikuti oleh 43 tenant yang merupakan hasil seleksi dari 78 tenant terbaik saat di Festival Sarapan Pagi dan Festival Kayarasa. Lampung Familiarization Trip (Destinasi-destinasi wisata Lampung, 26 – 29 Agustus 2022). Acara utama On Event lainnya yaitu Tampilan Seni Budaya Pesona Kemilau Krakatau bertempat di Anjungan Agung Terminal Eksekutif Bakauheni. Semarak Budaya Krakatau dan Tour Krakatau bertempat di dalam kapal ferry selama perjalanan tour ke perairan Gunung Anak Krakatau (Sabtu, 27 Agustus 2022).

4. *Post Event*, dengan rangkaian event : Event di Destinasi Wisata Provinsi Lampung, Event Tour Otomotif ke Destinasi Wisata Provinsi Lampung.

Adapun rangkaian kegiatan utama Festival Krakatau tahun ini yaitu Tour Krakatau yang akan diikuti oleh peserta 100 Tenaga Kesehatan (merupakan trip reward selama penanganan Covid-19), peserta Lampung Familiarization Trip 2022 (influencer, vlogger, blogger, pelaku perjalanan wisata sebanyak 30 orang yang berasal dari Lampung dan luar Lampung), 20 peserta Media Online, Menteri Pariwisata, Forkopimda, Jajaran Pemprov Lampung dan Tamu Undangan dari kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Pelaksanaan event secara offline dengan tetap berpedoman pada penerapan protokol kesehatan. Secara online ditayangkan melalui media sosial Live Streaming Youtube pada akun: Pariwisata Lampung dan Pemerintah Provinsi Lampung, serta Instagram: pariwisata_Lampung.

Diskomintik Lampung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *