Bupati Tuba Hadiri Pengukuhan Pengurus Kerabat

Uncategory630 views

Panaragan : Dalam rangka pelantikan dan pengukuhan pengurus kerukunan masyarakat batak ( kerabat), ratusan masyarakat Batak berbondong bondong padati lapangan balai Tiyuh Pulung Kencana Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba). Senin (30/04/2018).

Dalam rangkaian acara tersebut di awali dengan  sambutan  Tari Singgeh Pemuten/Tari Sembah, Yang Merupakan salah satu tari sambutan Tradisi  Adat Budaya Lampung, dan diteruskan dengan Tari Tor Tor salah satu Tari khas Budaya Batak.

Acara tersebut di hadiri langsung oleh Bupati Tubaba, H.Umar Ahmad, S,p Ketua DPRD Tubaba, Busroni S,H.Perwakilan Kapolres Tulang Bawang, Perwakilan Dandim 0412, dan Pejabat SKPD Kabupaten setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Tubaba mengucapkan selamat kepada Ketua Umum KERABAT Tubaba yang baru dilantik serta merasa bahagia karena dapat berkumpul bersama dengan Keluarga Besar masyarakat Batak dalam suasana yang damai serta kekeluargaan dan penuh keakraban. Orang nomor satu di Pemkab Tubaba itu merasa bangga kepada masyarakat Batak yang ada di Daerah kepemimpinan nya, lantaran dapat menjaga kerukunan dan keharmonisan yang merupakan salah satu modal dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Lampung Tubaba.

Selain itu, Umar Ahmad juga menjelaskan program pemerintah dibidang keagamaan bukan hanya pada agama Islam saja, tetapi juga ada program perjalanan rohani bagi umat beragama lainnya, seperti Katholik, Kristen, Hindu dan Budha, yang diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan dapat menyalurkan pengalaman rohaninya bagi umat beragama lainnya. Selain itu, ada program bantuan pemeliharaan sarana ibadah seperti Masjid, Gereja, Pura dan Wihara yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan mental spiritual masyarakat.

Diakhir sambutannya, bupati Tulangbawang Barat,mengajak kepada semua masyarakat dan perkumpulan adat lainnya yang ada di Tubaba, termasuk masyarakat Batak dapat berperan aktif dalam membangun Kabupaten serta memanfaatkan  ikon Tubaba sesat Agung guna kegiatan sosial yang melibatkan kegiatan yang berkaitan dengan adat, ” karna sesat Agung sejatinya untuk kegiatan yang menyangkut kegiatan Adat BudayaDemi kemajuan Tubaba,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan cindera mata (Ulos) kepada Bupati Tubaba Umar Ahmad S.P.

Reporter : Santory

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *