Warga Way Urang & Kedaton Goro di JTS dan Jalan Utama Kota Kalianda

Lampung Selatan3,063 views
Warga Way Urang & Kedaton Goro di JTS dan Jalan Utama Kota Kalianda

Lampung Selatan : Kebersihan merupakan sebagian dari iman.oleh karena itu, kebersihan menjadi tugas bersama untuk senantiasa dijaga. Hari Jumat merupakan hari yang pas untuk gotong royong membersihkan lingkungan sekitar.

Hal inilah yang selalu dilakukan oleh aparatur pemerintah Kecamatan Kalianda.kali ini pihak kecamatan Kalianda yang dibantu oleh Kelurahan Way Urang dan warga masyarakat Desa Kedaton Dusun 06/07, membersihkan sampah di sepanjang jalan Trans Sumatera dan jalan utama Kota Kalianda. jum’at, (25/01/2019).

Kegiatan Kecamatan Kalianda Bersama Kelurahan & Warga Setempat Saat Bersih-Bersih untuk selalu menjaga kebersihan diwilayah Kecamatan Kalianda yang menjadi salah satu ibu kota diKabupaten Lampung Selatan.

Camat Kalianda,Erdiansyah mengatakan, setiap hari jum’at, dirinya mengajak staf dan pegawai di Kecamatan Kalianda untuk melakukan kegiatan Jum’at bersih. Hal ini bertujuan untuk menadikan Kecamatan Kalianda terlihat bersih, nyaman dan asri.

“Ya tdi kita keliling melakukan bersih-bersih selain Jl trans depan masjid agung,kita juga bersih-bersih di depan dolog ,Desa pematang tabak,di waylubuk,Desa munjuk.ini memang kegiatan rutin kita, apalagi sudah memasuki musim penghujan seperti ini”ungkapnya.

“Wilayah kita ini merupakan daerah pariwisata, jadi kita juga harus menjaga kebesihan dan keindahan. Karena, saat ini sudah banyak wisatawan dari berbagai daerah yang berkunjung kewilayah kita”, kata Erdiansyah.

Menurut Erdiansyah, kegiatan Juma’at bersih tersebut juga perlu diterapkan disetiap desa yang berada diwilayah Kecamatan Kalianda. Aparatur pemerintah desa dapat mengajak masyarakat untuk rutin melakukan kegiatan Jum’at bersih dengan mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan disepanjang jalan, yang kemudian dikumpulkan atau dibakar.

“Melalui kegiatan Jum’at bersih ini, kami juga ingin memberikan contoh langsung kepada masyarakat dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan”,tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, selain sebagai wadah membersihkan lingkungan, kegiatan Jum’at bersih juga dapat mencegah terjangkitnya penyakit yang diakibatkan lingkungan yang tidak bersih, sehingga kegiatan membersihkan lingkungan sangat penting dilakukan masyarakat.

“Melalui kegiatan Jumat Bersih yang selalu rutin dilakukan, tentunya akan mengurangi resiko terjangkitnya penyakit di tengah masyarakat akibat lingkungan yang tidak sehat”,imbunya.

Lebih lanjut Erdiansyah menyampaikan, melalui budaya Jumat Bersih yang dilakukan dengan membersihkan lingkungan sekitar atau membakar sampah, serta mengubur sampah yang bisa menampung air, dapat mencegah terjangkitnya penyakit yang di akibatkan oleh gigitan Nyamuk, seperti malaria dan DBD.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh Desa atau Kelurahan di Kecamatan Kalianda dan juga pihak perusahaan swasta yang berada dipinggir jalan untuk dapat fokus dalam melakukan penanggulangan kebersihan dan sampah.karena hal ini juga merupakan salah satu kebijakan dari Pemkab Lampung Selatan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan diwilayah pariwisata”,tandasnya.

Reporter : Syahroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *