Plt Bupati Nanang Buka Musrenbang Kecamatan Tanjung Bintang 2019

Plt Bupati Nanang Buka Musrenbang Kecamatan Tanjung Bintang 2019

Lampung Selatan : Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) di Tanjung Bintang, Rabu (13/2/2019).

Tanjung Bintang yang terdiri dari 16 Desa dengan luas wilayah 127,57 KM dan jumlah penduduk 80.840 jiwa merupakan Kawasan Industri Kabupaten Lampung Selatan, dimana salah satu batas wilayahnya berbatasan dengan Kota Bandar Lampung

Musrenbangcam yang dibuka oleh Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dan telah berjalan pada hingga hari ketiga ini bertujuan untuk membangun Desa-Desa di seluruh wilayah Lampung Selatan.

Adapun Musrenbangcam kali ini Kecamatan Tanjung Bintang yang menjadi pusat perhatian seluruh aparatur pemerintah baik desa hingga Pimpinan Wilayah Kabupaten.

Dengan menggunakan sistem e-planning Musrenbangcam pada Tahun 2019 ini adalah yang pertama menggunakan sistem yang berbasis elektronik di Provinsi Lampung.

Dimana sistem e-planning yang berbasis elektronik merupakan sistem menggunakan skala prioritas.

Dari usulan rencana kegiatan pembangunan fisik dan non fisik yang diusulkan para Kepala Desa kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung Selatan dilokasi acara dapat dilihat bahwa prioritas pembangunan di Kecamatan Tanjung Bintang menitikberatkan pada Bidang Infrastruktur dengan Prioritas Pembangunan Jalan.

Selain usulan Bidang Infrastruktur 16 Kepala Desa se-kecamatan Tanjung Bintang juga sepakat mengajukan usulan di Bidang Ekonomi berupa Bibit Kambing dan Bibit Sapi.

Bidang Sosial juga tidak luput menjadi perhatian para Kepala Desa untuk hal Perlindungan Anak, para kades juga telah sepakat mengajukan Pembangunan SDM melalui Sosialisasi dengan tujuan agar anak dapat berkembang dengan sehat baik Jasmani dan Rohaninya.

Masih Bidang Sosial seluruh Kades mengajukan Pembinaan untuk para Karang Taruna Desa agar para muda-mudi di Desa mendapatkan Pelatihan Keterampilan.

Kades Sindang Sari Sugeng Widodo mengharapkan apa yang sudah diusulkan dalam Musrenbangcam dapat terealisasi, “kami para Kades tentu saja mengharapkan semua usulan kami dapat terealisasi sepenuhnya”.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Selatan Wahidin Amin mengatakan, “Musrenbangcam dengan sistem e-planning yang berbasis elektronik ini merupakan hal baru di Provinsi Lampung dan yang kita terapkan adalah salah satu Program dari KPK”, ujarnya disela pelaksanaan Musrenbangcam Tanjung Bintang.

Ia juga mengingatkan kepada para kades, “dalam pelaksanaan pembangunannya nanti hendaknya benar-benar dilaksanakan sesuai dengan mekanisme dan aturan, sehingga apa yang telah direncanakan dalam Musrenbangcam dapat bersesuai dengan keinginan masyarakat dan para kades terhindar dari jerat hukum”, tutur Wahidin.

Syahroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *