Persiapan PON, Cabor Binaraga Berlatih Keras Meski Ramadhan

Bandar Lampung, (Beritajempol.co.id) – Cabang olahraga Binaraga untuk pertama kalinya lolos ke Pekan olahraga Nasional (PON) yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara September 2024.

Pada PON XXI kali ini Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Binaraga dan Fitnes Indonesia (PBFI) menempatkan satu atletnya, yakni I Wayan Supianto

Wayan yang turun di kelas 85 Kg+ memang memiliki kesempatan besar dalam kontestasi Binaraga di PON XXI nanti, dimana kelas ini termasuk kelas atas yang cukup memiliki persaingan dari berbagai daerah.

Menurut Hadi Wijaya, pelatih Binaraga Lampung, Wayan sudah sangat efektif melakukan latihan selama ini dalam satu minggu rata-rata 6 hari pagi dan sore.

“Setiap hari kami sudah sepakat untuk berlatih dengan berbagai titik berat latihan fisik, seperti Chest, Bicep/Arm, Leg, Quad, Tricep/Arm, Back Arm, Abs, Shoulder, Leg, Hamstring, Abdominal dan beberapa hal lainnya,” kata Hadi.

Latihan di Binaraga, lanjut Hadi, sangat berbeda dengan cabang olahraga lainnya. Tentu karena yang diolah adalah otot dan pembentukan serta berbagai faktor lainnya dalam olah tubuh, maka diperlukan latihan dalam keberlanjutan.

“Yang latihan harus berurutan dan berkesinambungan. Tidak boleh dilakuakn sembarangan. Atlet bisa cedera dan justru akan kontra produksi,” tambahnya.

Hadi, yang selalu melakukan pemantauan keberadaan atletnya mengatakan bahwa sejauh ini proses latihannya berjalan baik dan sesuai yang diprogramkan.

“Kami sangat percaya pada atlet kami. Dalam proses latihan Binaraga sepenuhnya adalah bagaimana atlet mendisiplinkan dirinya sendiri, karena yang tahu apa kelebihan dan kekurangannya adalah si atlet sendiri. Kami berusaha membantu kekurangan di luar teknis saja,” katanya.

Oleh karena itu, tambah Hadi, beberapa lokasi latihan yang turut membantu memperlancar proses latihan juga turut andil dalam keberhasilan latihan Wayan menuju ke PON. “Kami sangat berterima kasih untuk hal ini,” ujarnya.

Beberapa lokasi fitness center yang dipergunakan dalam persiapan Binaraga adalah Spartan Fitnes Bandarlampung, Fitbox Fitness Center Bandarlampung, dan Balance Fitness Center Bandarlampung.

Latihan dilakukan Senin hingga Jumat pagi pukul 08.00 – 10.00 wib dan sore mulai pukul 16.00 – 18.00 wib.

Don

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *