Internsip Dokter Indonesia Audiensi Bersama Plh Thamrin

Lampung Selatan, (Beritajempol.co.id) – Pelaksana harian (Plh) Bupati Lampung Selatan, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah, Thamrin,menerima audiensi Peserta Program Internsip Dokter Indonesia Angkatan I Tahun 2021, sebanyak 15 orang dokter sekaligus melepas peserta Program Internsip Dokter Indonesia Angkatan II Tahun 2020 sebanyak 12 orang dokter, di ruang Sekretaris Daerah Kabupaten, Kamis (18/2/2021).

Penugasan Peserta Program Internsip Dokter Indonesia Angkatan 1 Tahun 2021 dimasa Pandemi Covid-19 di Lampung Selatan tersebut, berjumlah 15 orang dokter dan didasarkan pada Surat Tugas Nomor : DG. 02.04/2.1/0353/2021 tanggal 1 Februari 2021 yang ditandatangani oleh Kepala Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS.

Ke-15 orang dokter muda tersebut akan bertugas di Lampung Selatan selama 9 bulan, terhitung sejak 17 Februari 2021 sampai dengan 16 Februari 2022 yang terbagi di 3 (tiga) tempat, yakni RSUD Bob Bazar Kalianda, PKM Ketapang, dan PKM Tanjung Bintang.

Pada kesempatan itu, Pelaksana harian (Plh) Bupati Lampung Selatan, Thamrin, berpesan kepada ke-15 orang dokter yang akan bertugas di wilayah Lampung Selatan untuk dapat melaksanakan tugas dengan kesungguhan hati dan diharapkan dapat membantu Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dalam rangka penanganan Covid-19 serta kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Penugasan ke 15 orang dokter tersebut diharapkan dapat melayani kesehatan masyarakat Lampung Selatan serta dapat menekan laju Covid-19. Terlebih, saat ini Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan masih kekurangan tenaga medis.

“Tugas berat yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dalam menangani pandemi Covid-19 membutuhkan bantuan kalian semua,” ujar Thamrin.

“Bupati terpilih sekaligus petahana, H. Nanang Ermanto meminta kepada kita semua untuk bekerja keras menangani Covid-19, semoga kehadiran kalian bertugas di sini dapat dapat menekan laju Covid-19 serta mengubah Lampung Selatan yang saat ini masuk zona orange, bisa ke zona hijau,” ujar Thamrin lagi.

“Kahadiran kalian disini merupakan tugas yang cukup berat. Tugas sosial, tugas yang mulia, oleh karenanya kami berharap kalian dapat bekerja dengan maksimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga. Kami atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan selamat datang kepada yang baru, selamat bertugas dan terimakasih banyak kepada 12 orang dokter yang sudah selesai masa penugasannya,” imbuh Thamrin.

Sementara itu, pada bagian lain, dr. Jefri Rahmat Phalepi, mewakili 12 orang dokter Program Internsip Dokter Indonesia Angkatan II Tahun 2020 yang telah selesai masa tugasnya di Lampung Selatan, mengucapkan banyak terimakasih atas sambutan, bantuan serta perhatian Pemerintah Daerah.

Dokter muda yang menempuh pendidikan di Fakuktas Kedokteran Universitas Malahayati, Bandar Lampung tersebut begitu terkesan atas bantuan serta perhatian selama bertugas di Pemda Lampung Selatan.

Terlebih, saat ia dan rekan-rekannya yang hampir 80 (delapan puluh) persen ikut terpapar Covid-19. Perhatian yang diberikan pihak rumah sakit Bob Bazar begitu terkesan.

Jefri menjelaskan, mereka terpapar bukan dari saat mereka bertugas di RSUD Bob Bazar atau di Puskesmas tempat mereka bertugas, tetapi diakibatkan dari perjalanan mereka kembali ke daerah asal saat mendapatkan jadwal libur bertugas. Dia meminta kepada yuniornya untuk tidak pulang atau keluar dari Lampung Selatan saat bertugas, karena perjalanan keluar daerah, terutama daerah yang masuk zona merah sangat rentan tertular.

“Kami ucapkan terima kasih kepada dr. Nana (direktur RSUD), dr. Renny (kabid. Pelayanan Medis) serta petugas RSUD lainnya atas perhatian yang diberikan pada kami, terutama saat kami sakit. Kami merasa ibu-ibu seperti orang tua kami. Merawat kami dengan tulus dan penuh kasih sayang” ujar dr. Jefri.

Pada kegiatan Audiensi yang berlangsung di ruang Sekdakab tersebut, Plh. Bupati Lampung Selatan yang juga menjabat Sekretaris Daerah, Thamrin, S.Sos., MM, di dampingi oleh Staf Ahli Bidang Keuangan, Akar Wibowo, Asisten Bidang Pemerintah.

Diskominfo Lamsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *