Pembangunan Infrastruktur Desa di Labuhan Ratu, Lamtim Rampung

Lampung Timur1,021 views

Lampung Timur : Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikucurkan pemerintah pusat guna memeratakan pembangunan di tingkat desa/kampung kini sudah mulai dijalankan para pejabat kepala desa untuk pembangunan.

Salah satunya Desa LABUHAN RATU Vlll Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) yang saat ini telah selesai melakukan pembangunan infrastruktur jalan dan infrastruktur lain nya.  

Dalam pantauan Media online BeritaJempol.co di lapangan nampak pekerjaan yg bersumber dari Dana Desa(DD) telah selesai di bangun para pekerja/masyarakat dan TPK setempat,membuat sumur bor,  dan Lapis Penetrasi Makadam (Lapen).

Kepala Desa (Kades) Labuhan Ratu Vlll Kecamatan Labuhan Ratu, Andi Hamsudin saat Meninjau lokasi menuturkan, bahwa pembuatan sumur bor dan lapen tersebut dibangun untuk kepentingan seluruh masyarakat. 

“Selain mempercantik lingkungan pembuatan sumur bor 2 unit dilakukan untuk memperlancar kebutuhan masyarakat akan air bersih agar warga sewaktu musim kemarau tidak ke kurangan air. Untuk sumur bor kita telah membuat sebanyak 2 unit dengan anggaran sebesar Rp. Rp.97.291.000 ujarnya.  Senin (18/12).

Lanjutnya,  untuk Jalan Lapen pihaknya telah membangun sepanjang 1.600 meter menghabiskan anggaran sebesar Rp.382.952.000  dan untuk pembangunan jalan Telford 1000 meter kita menghabiskan anggaran sebesar Rp. Rp157.650.000, untuk pemberdayaan pemberdayaan penyediaan makanan sehat untuk peningkatan gizi balita dan anak sekolah menghabiskan dana Rp.13.500.00 jelasnya.

Lanjut Andi, dalam melakukan pekerjaan membangun infrastruktur dan lain sebagainya, pihaknya telah mencermati tentang peraturan prioriatas penggunaan dana desa maupun alokasi dana Desa. Dirinya pun meyakini bahwa pekerjaan yang dikerjakannya sudah sesuai aturan. 

“Dalam pembuatan RAP sumur bor,jalan telfrod dan lapen, kami menggandeng tim dari warga desa Labuhan Ratu Vlll menjadi tim pelaksana pembangunan yang ditunjuk melalui musawarah desa. Kami akan fokus pada sarana dan prasarana demi kelancaran prekonomian masyarakat Desa Labuhan Ratu Vlll kedepannya sesuai dengan Nawa Cita bapak Presiden membangun dari Desa,” bebernya.

Dengan diterimanya DD dan ADD tersebut Desa Labuhan Ratu Vlll dalam menjalankan pembangunan infakstruktur tentunya tidak lepas peran masarakat dalam melaksanakan pembangunan dan di sesuaikan kebutuhan dana desa yang ada untuk melaksanakan pembangunan.

Juwansyah selaku TPK menuturkan, bahwa pembangunan sumur bor,jalan telfrod dan Lapen yang dibiaya oleh Dana Desa ini tentu sangat memberikan manfaat bagi warga setempat. Dengan Pembangunan sumur bor tersebut, tentunya akan  membantu kebutuhan air bersih sehari hari warga yang ada di Desanya. Serta perbaikan jalan dengan pembangunan jalan telford, dan Lapen maka secara tidak langsung akan mempermudah masyarakat sekitar dalam mengangkut hasil pertanian.

“Dengan sudah dibangunnya sumur bor jalan telfrod dan lapen ini, yang pasti kami sebagai warga sangat bersukur, karena kebutuhan air bersih dari sumur bor tersebut telah kami rasakan dampak nya dan lingkungan infrastruktur jalan lancar , saat musim hujan pun tidak harus jatuh bangun karna jalan yg becek dan jelek dan jalan terlihat lebih halus tidak seperti dulu” tutupnya.

Reporter : Erlangga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *