Hasil Musrenbang, Lamsel Prioritaskan 3 Program Untuk 2019

Lampung Selatan : Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019 Kabupaten Lampung Selatan yang digelar 13-14 Maret 2018 di Aula Rajabasa, Kantor Bupati setempat, resmi ditutup dengan menghasilkan 3 Program Prioritas yakni Infrastruktur, Ekonomi dan Sosial Pemerintahan.

Dari hasil Musrenbang itu, prioritas program atau kegiatan yang menjadi perhatian pada  RKPD tahun 2019 antara lain, bidang infrastruktur, bidang ekonomi, dan bidang sosial pemerintahan.

Kepala Bappeda Kabupaten Lampung Selatan, Wahidin Amin mengungkapkan, total program melalui APBD Kabupaten Selatan sebanyak 100 program, dengan jumlah kegiatan sebanyak 2.136.

Dia mengatakan, rencana program atau kegiatan sebagai rancangan RKPD 2019 tersebut seluruhnya telah terakomodir.

“Total pendanaan melalui APBD Kabupaten Lampung Selatan Rp1,738 triliun. Selanjutnya hasil dari rumusan ini akan disusun dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan tahun 2019,” terang Wahidin dalam laporannya, Rabu (14/3/2018).

Sementara, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Lampung Selatan Mulyadi Saleh yang menutup kegiatan itu mengimbau, pelaksanaan Musrenbang itu bukan semata sebagai agenda rutin tahunan untuk mengkalkulasi besar kecilnya anggaran.

Tetapi menurutnya, besar kecilnya anggaran bukanlah tolak ukur susksenya perencanaan.

“Yang lebih penting adalah seberapa besar efek, nilai dan perencanaan tersebut bagi masyarakat. Karena disanalah cerminan kualitas dan integritas diri kita diukur,” kata Mulyadi.

Mulyadi berharap, setiap pimpinan perangkat daerah dapat mengakomodir semua yang telah disepakati bersama dalam Musrenbang tersebut. Yakni dengan melakukan penyempurnaan, perbaikan, dan melengkapi program dan kegiatan di masing-masing perangkat daerah.

“Kiranya semua kesepakatan yang telah kita buat dalam forum Musrenbang ini benar-benar merupakan program prioritas yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat Lampung Selatan,” ujarnya.(LT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *