Prona 2018 : Tapem Mesuji Siakan 5143 Sertifikat

Uncategory604 views

Mesuji : Kabupaten Mesuji Tahun 2018 Mendapatkan Proyek Oprasi Nasional (Prona) sebanyak 5143 Buku untuk 25 Desa yang ada di wilayah Kabupaten Mesuji. 
Hal itu di katakan Kabag TAPEM Pemkab Mesuji Gunarso, ia mengatakan tahun 2018 dalam rangka pensertifikatan tanah, Kabupaten Mesuji mendapatkan jatah prona sebanyak 5143 yang tersebar di 25 Desa, Kabupaten. Rabu (16/05/2018).
Keseluruhan Prona itu, jelas Gunarso, berasal dari tiga bidang program, yaitu; 4094 PTSL, 200 UKM, 849 Transmigrasi.
Biaya pembuatan sertifikat ini dari pihak BPN Tulang Bawang gratis (tanpa biaya). Namun, menurut Gunarso, Kelompok Masyarakat (Pokmas) pembuatan sertifikat ini bisa memungut biaya asalkan besaran biaya pungutan hasil dari kesepakatan bersama antara semua pihak melalui Musyawarah Desa.
“Atau dibuatkan Perdes juga bisa, intinya pungutan harus transparan, kemudian rincian biaya wajib jelas peruntukannya dan masyarakat pun tidak keberatan. Yang jelas, Prona ini ditujukan bagi segenap lapisan masyarakat, terutama bagi golongan ekonomi lemah, serta menyelesaikan secara tuntas terhadap sengketa-sengketa tanah yang bersifat strategis,
 BPN Tuba juga saat di kompirmasi media menerangkan, pihaknya baru sebatas melakukan sosialisasi Sertifikat Prona di Kabupaten Mesuji.
“Kemarin saya sudah masuk ke Tanjungraya melakukan sosialisasi, saya bertemu hanya dengan Pamong-pamong Desa setempat saja, begitu. Ke depan berlanjut ke tahap pengukuran lahan,” ujar Suhono, Kasi Pengukuran BPN Tuba.
Bila mana nanti Terkait pungutan pembuatan sertifikat,dirinya tidak dertanggung jawab, karna namanya ada pungutan itu di sebut pungli bila masyarakat keberatan.
Reporter : Aan,S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *