Ribuan Rumah Tangga Miskin Terima Bantuan Hewan Ternak

Lampung Selatan : Kabupaten Lampung Selatan merupakan satu-satunya Kabupaten di Lampung yang menerima bantuan di bidang peternakan adapun penyerahanya dilakukan oleh Plt Bupati Nanang kepada RTM di Desa Taman Agung, Kecamatan Kalianda dan Desa Beringin Kencana, Kecamatan Candipuro.

Bantuan dibidang peternakan dengan total 408.650 DOC (anak ayam) dan DOD (anak itik) itu akan dibagikan kepada 8.173 RTM, diimana 1 RTM menerima bantuan berupa 50 DOC atau 50 DOD serta pakan dan minum selama 6 bulan.

Selain DOC dan DOD, bantuan juga diberikan dibidang pertanian berupa 9 ribu batang bibit pala dan 4.500 kg bibit kepada 4.500 RTM. Setiap RTM mendapatkan 2 batang bibit pala dan 1 kg pupuk.

Dibidang holtikultura berupa benih kangkung untuk luasan 60 hektar, bibit pepaya untuk luasan 20 hektar dan pupuk untuk 8.173 RTM. Setiap RTM mendapatkan 3 batang pepaya didalam polybag.

Menurut Nanang, dengan bantuan tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kesejahtraan masyarakat dengan cara berbisnis telur produksi yang bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan.

“Selain itu, agar bisa mncukupi kebutuhan protein hewani dengan mengkonsumsi telur dan dapat ditabung untuk pendidikan anak-anak mereka. Pengembangan usaha dapat dilakukan dengan usaha penetasan telur baik ayam maupun itik,” kata Nanang.

Selain itu, diharapkan agar mampu mengentaskan RTM dari kemisikinan dan tercukupi gizinya serta lebih sejahtera dengan pendapatan yang meningkat.

“Harapannya semoga program ini akan terus berkesinambungan, dikelola sebagai bisnis agribisnis oleh Bumdes yang ada di desa masing-masing yang terus berkembang sebagai usaha berbasis kerakyatan,” pungkas Nanang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Bidang Ekobang, Mulyadi Saleh, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, Arsad, Kadis TPH dan Perkebunan, Zailani Bura, Kadis Ketahanan Pangan, Yansen Mulia dan Camat Kalianda, Erdiyansyah.

Reporter : Dendi Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *