Praja Muda Karana Latih kemandirian Anak Sejak Dini

Praja Muda Karana Latih kemandirian Anank Sejak Dini

Lampung Selatan : Kegiatan Praja Muda Karana atau Pramuka dapat melatih kemandirian anak sejak duduk di bangku sekolah dasar,

demikian disampaikan Nur`ain Fajri saat melatih siswa-siswi Pramuka di lapangan SDN Pauh Tanjung Iman, Jumat, (09/11/2018).

“Kemandirian siswa SD dapat dilatih setiap kali mengikuti latihan, misalnya mempersiapkan segala kebutuhan untuk latihan sendiri,”Ujar Pelatih Nur`ain Fajri.

Dijelaskanya, siswa SD yang menjadi Pramuka Siaga pada kelas Dua dan tiga, serta Pramuka Penggalang pada kelas empat dan enam, dapat menerapkan kemandirian yang didapatkannya dari latihan Pramuka dalam kehidupan sehari-hari.

“Secara tidak langsung, kemandirian mereka akan terbawa saat mereka menjalani kehidupan sehari-hari, bahkan hingga mereka dewasa,”jelasnya.

Menurut Fajri, salah satu kegiatan Pramuka, yaitu berkemah, menjadi ajang untuk melatih para Pramuka Siaga dan Penggalang agar tidak hanya bersikap mandiri, namun juga berani, disiplin dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.

Masih kata Fajri, selain dapat melatih keberanian. Pramuka juga harus berdisiplin diri saat berkemah, karena seluruh kegiatan sudah terjadwal dengan baik dan mereka tidak boleh telat dalam melaksanakannya.

“Berkemah juga melatih rasa tanggung jawab regu Pramuka, karena mereka harus menjaga barang bawaan mereka sendiri dan dapat bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan tugas yang diberikan,”Tutup fajri.

Reporter : Syahroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *