Arinal Manfaatkan Teknologi Digital Untuk Maksimalkan Pelayanan Publik

Arinal Manfaatkan Teknologi Digital Untuk Maksimalkan Pelayanan Publik

Bandar Lampung : Gubernur Lampung terpilih Arinal Djunaidi akan memanfaatkan teknologi digital untuk peningkatan pelayanan publik.

Hal itu disampaikan Arinal Djunaidi saat berdiskusi bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Staf Ahli Gubernur bidang Hukum dan Pemerintahaan Fahrizal Darminto, Minggu (9-6).

Arinal mengatakan pelayanan publik di masa pemerintahannya harus lebih maksimal dengan melibatkan kemajuan teknologi digital.

“Gojek dan grab saja sistemnya sudah online. Makanya kita harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk pelayanan publik,” kata Arinal.

Untuk konsepnya, Arinal berencana menyiapkan pelayanan publik di pusat-pusat perbelanjaan atau disebut mall online. Sehingga, masyarakat bisa mengurus perizininan dan membuat kartu identitas sambil berbelanja.

“Nanti konsep mall online itu melayani administrasi kependudukan dan perizinan di pusat perbelanjaan. Jadi sambil rekreasi, masyarakat bisa buat KTP atau ngurus izin,” sebutnya.

Konsep tersebut nantinya akan bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota. “Sehingga bisa lebih efisien dan pelaksanaannya lebih terpadu,” ucapnya.

Dengan adanya mall online, dia meyakini, masyarakat juga dapat lebih cepat dalam membuat perizinan dan yang lainnya.

“Jadi ada kepastian waktu dan pelayanannya serta biayanya juga lebih murah. Kita berkomitmen untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat,” terangnya.

Selain itu, masyarakat yang ingin mengurus perizinan atau membuat kartu identitas dan sebagainya dapat lebih mudah. Bahkan, masyarakat bisa melengkapi berkas-berkas secara online.
“Pendaftaran atau mengurus berkasnya bisa lewat online. Jadi saat datang ke kantornya sudah lengkap, tidak perlu bolak-balik lagi,” tuturnya.

Red/Rls

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *