Indahnya Toleransi di Pure Puseh Way Panji Saat Galungan

Indahnya Toleransi di Pure Puseh Way Panji Saat Galungan

Lampung Selatan : Dalam rangka merayakan Hari Raya Galungan tahun 2019, Babinsa Desa Sidoharjo Kecamatan Way Panji membaur bersama warga untuk pengamanan persembahyangan di Pure Puseh umat Hindu di Dusun Bali Sido Agung, Sidoharjo, Way Panji Lampung Selatan, Rabu (24/07/2019).

Dikatakan Sertu Pujianto, Hari Raya Galungan yang dirayakan umat Hindu di Dusun Bali Sido Agung Desa Sidoharjo Kecamatan Way Panji ditandai dengan pemasangan penjor atau janur kuning yang dipasang di sepanjang jalan desa.

“Sudah menjadi komitmen bersama bahwa setiap ada perayaan hari besar masing-masing agama diwilayah Desa Sidoharjo dilakukan pengamanan secara gabungan ,”Kata Sertu Pujianto, Rabu (24/07/2019).

Sementara itu menurut salah seorang pengamanan dari pemuda Kristen, Parmin mengatakan, selain sebagai tradisi, Hal ini untuk mempererat hubungan antar umat beragama di Desa Sidoharjo sehingga persatuan dan kesatuan tetap terjaga dengan baik.

“Maksudnya agar pengamanan gabungan ini dapat terus berjalan, dilestarikan dan dijaga sehingga masyarakat dapat hidup rukun, saling menghormati sehingga tercipta persatuan dan kesatuan yang kuat,”Kata Parmin.

Diketahui pengamanan yang dilakukan turut melibatkan Babinsa, Babinkamtibmas, Pecalang (umat Hindu), pemuda Kristen, pemuda Katholik dan pemuda Muslim yang tergabung dalam Persatuan Antar Umat Beragama (Pertama).

Syahroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *