Banjir itu Bencana dari Tuhan, Ini Saran Forum Relawan Bencana Lampung!

Bandar Lampung – Ketua Forum Relawan Bencana Lampung, Deni Ribowo, mengatakan bahwa sejak awal sudah memberikan masukan secara lisan kepada beberapa kepala daerah, termasuk Wali Kota Bandar Lampung. Demikian dikatakan Deni Ribowo kepada awak media, Sabtu 24 Februari 2024.

Dikatakan Deni, pihaknya memberi masukan itu agar ada normalisasi sungai dengan cara pengerukan lumpur sepanjang aliran sungai dari hulu hingga ke hilir.

“Kami juga minta agar ke depannya pengerukan lumpur ini bisa dilakukan berdasarkan asesmen susur sungai sehingga tepat dalam penanganan normalisasi sungai,” ujar anggota Komisi 5 DPRD Provinsi Lampung ini.

Selain karena debit air yang cukup tinggi karena hujan deras yang turun di sejumlah daerah, lanjut Deni yang diperkirakan bakal duduk lagi sebagai anggota Dewan 2024-2029 dari Way Kanan dan Lampung Utara, adanya pengurangan resapan air di sejumlah titik banjir. Juga menyebabkan faktor meluapnya sungai.

“Derasnya debit air hujan Kemarin menyebabkan meluapnya sungai di beberapa titik di Bandar Lampung. Ada beberapa informasi di salah satu rumah sakit swasta di Bandar Lampung banyak kendaraan yang tenggelam di parkiran akibat luapan sungai,” ujar dia.

Padahal, lanjutnya, di sepanjang sungai yang melintasi rumah sakit tersebut sudah diperluas dan diperdalam, namun di hulu dan hilir sungai tersebut mengalami pendangkalan dan penyempitan.

“Nah inilah dampak dari pendangkalan dan penyempitan badan sungai,” jelas Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Lampung ini. Menurutnya, kejadian ini juga terjadi di beberapa kabupaten lain yang mengalami hal serupa dan ini perlunya pemerintah daerah melakukan asesmen penanganan melalui susur sungai.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *