Banjir, Walikota: Kita Data Nanti kita Perbaiki dan Rapihkan

Bandar Lampung – Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana menanggapi banjir bandang yang mengakibatkan ratusan rumah terendam dan akan panggil warga terdampak banjir.

Untuk Kecamatan Rajabasa saja, sebanyak 150 rumah terendam dan ratusan warga terkena dampak secara materil dan kesehatan.

Saat meninjau rumah warga Kelurahan Rajabasa Nunyai, Minggu, 25 Februari 2024, Eva mengatakan penyebab banjir karena masyarakat yang masih tinggal berdekatan dengan badan sungai.

“Rumah yang makan badan sungai akan kami koordinasi, kita informasikan mereka kalau makan badan jalan ini dampaknya ya begini (banjir bandang),” kata Eva.

Ia menyebut karakteristik wilayah Rajabasa terutama Nunyai adalah daerah yang datarannya rendah dan empuk. Dan ia menyebut pihaknya sudah membuat drainase.

“Kalau mereka tahu aturan bangun rumah, tidak makan badan sungai,” terangnya.

Dirinya akan memanggil para warga yang masih tinggal dan memiliki rumah dekat badan sungai. Karena menurutnya hal itu tindakan yang salah.

“Mereka harus merelakan. Nanti akan kita perbaiki apa yang mereka bangun kita rapihkan,” ungkapnya.

Ia mengaku saat ini pihaknya tengah mendata jumlah rumah mengalami kerusakan dan wilayah mana yang terdampak pasca banjir bandang.

“Kalau emang ada yang jebol langsung kita perbaiki, terus ada kerusakan langsung kita bantu,” pungkasnya.

Lampost/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *