7 Cabang Akan Dilombakan Pada MTQ Lamsel Ke-47

Lampung Selatan : Rangkaian Musabaqoh Tilawatil Quran ke-47 di Kabupaten Lampung Selatan siap digelar. Pada pelaksanaan MTQ kali ini, terdapat 7 tangkai cabang yang akan diperlombakan.

Kepala Sub Bagian Dakwah dan Kemasyarakatan Amrul Habibah mendampingi Kepala  Plt. Kepala Bagian Mental Spiritual (BMS) dan Kemasyarakatan Dr. H. Firmansyah mengatakan, setiap cabang perlombaan akan digelar di lokasi berbeda.

“Untuk pelaksanaanya kita ada 7 cabang perlombaan. Lokasi perlombaanya juga berbeda-beda sesuai cabangnya,” terang Amrul disela-sela meninjau lokasi perlombaan, Kamis (8/2/2018).

“Tetapi sebelumnya, kita ada pelantikan Dewan Hakim yang akan menilai para peserta. Jika biasanya pelantikan ada dalam acara pembukaan, ini kita laksanakan di siang hari untuk menyingkat waktu,” sambung dia.

Amrul menambahkan, setiap cabang perlombaan akan dicari masing-masing terbaik 1, 2 dan 3 sesuai golongannya. Dimana nantinya, semua keputusan ada di tangan Dewan Hakim.

“‎Qori dan qoriah terbaik akan menerima uang pembinaan, piala dan piagam. Mereka juga nanti akan mewakili Kabupaten Lampung Selatan untuk MTQ tingkat provinsi,” terangnya.

Dia merinci, masing-masing cabang perlombaan memiliki lokasi atau mimbar yang berbeda. Adapun tangkai cabang yang akan diperlombakan dan lokasinya sebagai berikut :

Cabang Tilawatil Quran, yaitu lomba perorangan dengan melagukan disertai tajwid dalam membaca suatu ayat Alquran. Terdapat beberapa golongan, yaitu golongan Anak-anak, Remaja, Dewasa, Cacat Netra, Qiroat Sab’ah dan Mujawad. Tempat pelaksanaan di Lapangan Cipta Karya, Kalianda (Mimbar Utama/I).

Cabang Hifzhil Quran, yaitu lomba menghafal Alquran. Terdapat beberapa golongan, yaitu golongan 1 Juz, 5 Juz, Qiro’at Tartil Remaja, dan Qiro’at Tartil Dewasa. Tempat pelaksanaan lomba di Aula Sebesi Gedung PKK (Mimbar II).

Cabang Tafsiril Quran, yaitu mufasir-mufasiroh disamping menghafal Alquran, peserta mampu pula mengartikan apa yang dibacakan secara perorangan. Terdapat beberapa golongan, yaitu golongan 10 Juz, 20 Juz, dan 30 Juz. Lomba ini dibacakan dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Arab dan Indonesia. Lokasi perlombaan di Aula Krakatau Kantor Bupati.

Cabang Fahmil Quran Grup Putra/Putri, yaitu seperti lomba cerdas cermat berkelompk dan pertanyaannya seputar kandungan Alquran. Tempat perlombaan Aula SMA Pembangunan, Kalianda.

Cabang Syarhil Quran Grup Putra/Putri, yaitu penerjemahan dia setelah satu peserta mengaji, dan anggota lainnya menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Lokasi lomba ini berada di Aula Sebuku, Lamban Rakyat (Rumah Dinas Bupati).

Cabang Khottil Quran, yaitu cabang lomba menulis penggalan ayat suci Alquran secara indah (kaligrafi) kedalam sebuah media tertentu. Terdapat beberapa golongan, yaitu penulisan buku, dekorasi, hiasan mushaf, dan kontemporer. Lokasi perlombaan di Ruang Kelas SMA Pembangunan.

Cabang Makalah Ilmiah Alquran (M2Q) Putra/Putri. Lokasi perlombaan berada di Aula STAI YASBA, Kalianda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *